Mempersembahkan tempat wisata dan edukasi

Jumat, 18 Agustus 2017

Wisata Tugu Muda || SEMARANG

    Tugu Muda _ merupakan sebuah monumen yang sangat bersejarah di kota Semarang, yang dibangun untuk mengenang di saat terjadi pertempuran 5 hari di kota Semarang.        Pertempuran ini adalah perlawanan rakyat Indonesia terhadap kolonel Jepang pada masa transisi di kala itu. Lawangsewu menjadi saksi bisu sekaligus menjadi saksi perjuangan pemuda Semarang yang dimulai pada, 15 Oktober 1945, hingga berakhir pada 20 Oktober 1945 kala itu.

     Tugu muda pun saat ini menjadi tempat wisata anak muda saat sore hari dan hari libur dengan suasana yang asik di kelilingi gedung pncakar langit dan di sekitar jalan terdapat pohon yang memberikan kesejukan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata di kota semarang.

   Tugu Muda terletak di tengah persimpangan Jl Pandanaran, Jl Mgr Soegijapranata, Jl Imam Bonjol, Jl Pemuda dan Jalan Dr. Sutomo. Di sebelah utara tugu muda  tersebut terdapat Gedung Pandanaran yang kini menjadi perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Dan di sebelah Timur terdapat Lawangsewu yang berdiri mengah menghiyasi suasana tugumuda, dan di sebelah selatan berhadapan dengan Museum Mandala Bhakti.

  Tugu Muda sempat mengalami beberapa penambahan di sekitar bangunannya, terutama pada kolam dan taman di sekelling tugu. Kini kawasan Tugu Muda ditetapkan oleh pemkot semarang sebagai kawasan cagar budaya. Penetapan itu berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah 2011-2031.

tugu muda smg
Di saat malam hari-pun Tugu muda menjdi tempat untuk berkumpul dan berfoto-foto bnyak anak muda yang sedang menikmati kota semarang yang penuh sejarah dan di temani monumen yang sangat bersejarah di kala itu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.