Mempersembahkan tempat wisata dan edukasi

Jumat, 18 Agustus 2017

Wisata Goa Kreo || Semarang



   


Image result for goa kreo semarang Image result for goa kreo semarang







 

Wisata Goa Kreo Semarang
 ini berada didaerah Dukuh Talun Kacang, Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, kota Semarang. Ciri khas wisata goa kreo iyalah banyaknya Monyet-monyet yang ada di Goa Kreo tersebut jenis monyet ini adalah kelopok monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), dan monyet yang ada di sini termasuk monyet yang cukup jinak, dan sangat mudah  berinteraksi dengan warga di sekitar Goa Kreo bahkan pngunjung sekalipun.





Goa Kreo Semarang merupakan sebuah goa yang dipercaya warga sekitar sebagai tempat petilasan Sunan Kalijaga saat sedang mencari kayu jati untuk membangun sebuah Masjid Agung Demak . Saat itu konon cerita Sunan Kalijaga bertemu dengan sekawanan kera atau sekelompok kera yang kemudian disuruh menjaga kayu jati tersebut. Dan Kata “Kreo” berasal dari sebuah kata Mangreho yang artinya jagalah. Kata itulah  yang kemudian menjadikan sebutan tentang goa ini da masyarakat pun menjadi terbiasa menyebut Goa Kreo dan sejak itu kawanan kera yang menghuni kawasan goa dianggap sebagai penunggu yang di beri amanat oleh sang wali pada jaman itu.

   Untuk mencapai mulut atau ujung Goa, pengunjung harus berusaha melewati anak tangga yang cukup banyak dan terjal. Disebelah Utara Goa Kreo ada sebuah air terjun yang berasal dari berbagai sumber mata air yang ada di sekitar goa dan arnya pun jernih dan tidak kering meski musim kemarau panjang melanda. Selain menikmati pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk menjadi daya tarik pengunjung untuk mendatanginya serta  pengunjung pun bisa lansung berinteraksi dengan kera penunggu kawasan goa ini, pengunjung-pun juga bisa menikmati aliran sungai yang dingin, jernih dan segar di bagian bawah dan tak lama lagi alisan itu akan berubah menjadi waduk yang akan menambah daya tarik wisata di goa kreo.
Image result for goa kreo semarang

 inilah sosok kumpulan penunggu goa kreo yang ramah dengan pengunjung dan menjadi objek berfoto para pengunjung goa yang sedang menikmati pemandangan yang ada di sekitar  rasa capek saat menaiki anak tangga terbayar sudah saat berada di atasnya.

Image result for goa kreo semarang
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.